| CALL US +62 21 29378943

Traumatologi dan Ortopedi

Layanan traumatologi dan otropedi disediakan untuk pasien yang mengalami cedera dan trauma, sehingga sendi tulang dan sendi dapat berfungsi secara normal.

Rumah Sakit Antam Medika  berkomitmen  melayani dengan sepenuh hati dan senantiasa menyelenggarakan layanan kesehatan  paripurna, bermutu, serta efisien. RS. Antam Medika diperkuat oleh  tim medis  ahli dan berpengalaman yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi pasien beserta keluarga.

Traumatologi dan ortopedi merupakan spesialisasi ilmu kedokteran yang berkonsentrasi pada penanganan beberapa luka, seperti patah tulang, cedera jaringan lunak, luka kulit, dan cedera pada organ lainnya yang disebabkan oleh kecelakaan atau kekerasan yang dialami oleh seseorang. Rumah Sakit Antam Medika menyediakan layanantraumatologi dan ortopedi untuk pasien yang mengalami luka akibat kecelakaan atau kekerasan. Tim dokter dan perawat profesional siap memberikan perawatan prima dan paripurna bagi pasien traumtatik.

Menangani Cedera Secara Medis

Tindakan masyarakat dalam menangani cedera atau trauma masih banyak yang keliru. Mereka lebih memilih pegobatan alternatif atau sangkal putung daripada memprioritaskan terapi secara medis. Padahal hal ini dapat mengakibatkan penderitaan pasien menjadi  semakin buruk, bahkan dapat mengalami kecacatan.

Secara ilmiah, ketika terjadi cedera pasti akan terjadi pembengkakan, hal inilah yang tidak diketahui oleh praktisi pengobatan, seperti pemijat tradisional. Pada dasarnya di dalam pembengkakan terjadi perdarahan mikroseluler, yang merupakan dampak dari  perobekan pada pembuluh darah berukuran kecil, sehingga darah keluar dari pembuluhnya. Selain itu, dalam trauma seperti ini, cairan sel intraseluluer juga akan keluar  dan  mengakibatkan pembengkakan yang semakin besar. Pada kasus seperti ini, jika penderita dipijat/diurut, maka sobekan tersebut akan semakin membesar dan banyak mengeluarkan darah. Bekas pijatan/urutan dapat pula meninggalkan trauma, sehingga cairan sel yang keluar semakin bertambah banyak.

Melalui tindakan medis yang benar, penanganan terhadap cedera atau trauma diawali dengan pemeriksaan rontgen untuk mengetahui kemungkinan terjadinya patah tulang. Tindakan medis selanjutnya akan disesuaikan dengan kondisi cedera pasien. Oleh karena jika terjadi kasus cedera, segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat unttuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Rehabilitasi Medik

Pengobatan terhadap tulang yang patah bukan hanya sekedar menyambung tulang belaka, tetapi yang lebih penting adalah untuk pengembalian fungsi tulang dan sendi secara normal. Tujuan utama rehabilitasi adalah mengatasi masalah pasien baik fisik maupun mental, serta terus membantu dalam proses pengobatan, kemudian melatih, mendidik, dan memberikan dukungan agar dapat menghadapi masalah kecacatan yang mungkin tidak dapat diperbaiki. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien sehingga dapat hidup mandiri.

Layanan Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Antam Medika merupakan layanan unggulan yang bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kemampuan fungsional pasien sesuai dengan potensi yang dimiliki dan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas hidup.